Jumat, 17 April 2009

Memblok Penggunaan Software Di PC Anda

Pernah punya keinginan untuk memblok aplikasi tertentu supaya tidak bisa digunakan oleh sembarang orang? Banyak alasan untuk melakukan hal tersebut, ada yang karena Anda tidak menginginkan aplikasi tersebut namun tidak bisa di-uninstal, contohnya browser Internet Explorer. Aplikasi yang akan membahayakan sistem jika dipakai oleh orang awam, atau alasan lainnya tidak ingin anak Anda mengakses internet dengan web browser yang terinstal di komputer. Jika ada aplikasi yang bisa mengakomodir itu semua pastinya akan membuat perasaan Anda tenang saat meninggalkan komputer untuk dipakai oleh siapapun.

AppLocker (Application Locker) hadir dengan tampilan yang ringkas namun sudah mampu membantu Anda untuk mencegah ekseskusi pada setiap aplikasi yang kita inginkan baik oleh orang lain maupun sistem. Melakukan blok aplikasi supaya tidak aktif di sistem sebenarnya sudah bisa dilakukan tanpa bantuan aplikasi pihak ketiga, misal melalui Local Security Policy, tapi tidak ada yang secepat dan semudah AppLocker. Aplikasi yang sangat berguna jika komputer dipakai oleh banyak orang tanpa ada adanya akun terpisah.

Saat pertama kali dijalankan aplikasi akan menampilkan daftar aplikasi komputer yang termasuk populer, seperti Microsoft Word, Internet Explorer, Nero Burning Rom dan lain-lain. Aplikasi-aplikasi tersebut akan ditampilkan walaupun sebenarnya tidak terinstal di komputer. Beri tanda centang pada salah satu aplikasi dari daftar yang ada untuk mencegah aplikasi tersebut berjalan/ aktif.



Tentu saja Anda perlu untuk memblok aplikasi lainnya di luar daftar yang ada. Untuk itu sudah disediakan fasilitas melalui tombol Configure... Setelah terbuka jendela Configuration Anda bisa memasukkan berbagai macam aplikasi yang terinstal di komputer dengan ekstensi .exe dan isi kolom Caption dengan nama aplikasinya sesuai keinginan supaya mudah dikenali. Aplikasi yang sudah terdaftar sebelumnya juga bisa Anda hapus untuk memberi ruang tambahan bagi aplikasi baru.



AppLocker tersedia gratis, ringan dengan hanya berukuran 991 KB, dan telah didesain untuk berjalan pada terminal server dan workstation. Sayangnya aplikasi ini tidak memiliki proteksi sendiri, sehingga orang lain bsia dengan mudah mengakses aplikasi ini dan melakukan perubahan-perubahan dari pengaturan yang sudah dibuat. Jika dikembangkan lagi misal dengan menambahkan fitur profil, pengelompokan aplikasi dan proteksi password, pastinya akan menjadi aplikasi idaman dan wajib dimiliki setiap pemilik komputer. (sumber : udaramaya.com)