Rabu, 21 Januari 2009

Mencari dari Situs Favorit dengan Google Preferred Sites

Alex Chitu dari Google Operating System menemukan sebuah fitur eksperimental untuk Google Search yang bernama preferred sites. Fitur ini memungkinkan pengguna untuk memberitahu Google situs-situs favorit agar Google lebih sering menampilkan halaman dari situs-situs tersebut pada hasil pencarian.

Sebagai contoh, jika Anda ingin memperoleh informasi film dari IMDB, Anda dapat memberitahu Google untuk memberikan preferensi pada situs IMDB di atas situs-situs lainnya. Fitur ini juga sangat berguna jika Anda memiliki preferensi hasil pencarian koran lokal yang tercaya di atas koran nasional, atau jika Anda ingin ulasan produk dari sebuah situs yang spesifik.

Sama seperti fitur-fitur eksperimental Google lainnya, fitur ini belum tentu menjadi fitur standar Google yang digelar sebagai bagian dari Google Search. Jika Anda ingin melihat apakah fitur ini tersedia untuk akun Anda, bukalah halaman preferensi dengan mengunjungi link 'Preferences' di sebelah kanan kotak pencarian Google.






Perlu diperhatikan juga bahwa Google telah mulai melakukan perubahan pada produk intinya belakangan ini dengan menitik beratkan pada kustomisasi. SearchWiki memungkinkan pengguna untuk mengkustomisasi hasil pencarian dan menambahkan catatan sudah mewakili perubahan besar pada pendekatan Google akan pencarian. Fitur preferred sites ini juga, apabila diluncurkan akan memberikan pengguna pilihan tambahan untuk mengkostumisasi hasil pencarian mereka. udaramaya.com