Rabu, 07 Januari 2009

Mengunjungi Situs dengan Keyboard Shortcut di Firefox

Mengakses daftar alamat situs yang tersimpan dalam bookmark kini semakin mudah berkat fitur address bar Firefox 3 yang diberi nama AwesomeBar. Hanya dengan mengetikkan beberapa kata kunci, Awesome Bar akan langsung memunculkan daftar situs yang kita inginkan. Tetapi, apakah Anda ingin agar prosesnya lebih cepat lagi?

SiteLauncher adalah add-on yang memudahkan Anda untuk mengakses situs-situs yang sering Anda kunjungi dengan cepat. Untuk menggunakan add-on ini Anda diharuskan menambahkan daftar alamat situs yang ingin dijadikan shortcut dan menentukan inisial yang berbeda antar satu situs dengan situs lain. Hal ini bisa dilakukan melalui menubar dan memilih Site Launcher > Manage Shortcuts, isi kotak Key, Title dan URL dan setelah itu klik Add shortcut. Apabila Anda ingin menambahkan sebuah situs ke dalam daftar shortcut, tekan Ctrl + Shift + S.















Untuk meluncurkan panel daftar situs, gunakan kombinasi keyboard Ctrl + Space untuk menampilkan panel yang berisi daftar situs. Setelah itu tekan angka/huruf sesuai dengan inisial yang tertera di samping situs tersebut.




















Jika sudah hafal dengan inisial situs yang ingin Anda kunjungi, Anda juga bisa mengunjungi situs tersebut tanpa terlebih dahulu memunculkan panel. Kombinasi tombol untuk melakukan hal ini adalah Alt + Shift + ...(inisial)....


Kombinasi shortcut bisa Anda atur sesuka hati. Perhatikan juga agar jangan sampai memasangkan shortcut yang sama untuk beberapa situs yang berbeda.














SiteLauncher sangat fleksibel dan menyediakan berbagai pengaturan termasuk perilaku, tampilan dan efek sehingga dapat dikonfigurasi sesuai keinginan kita. udaramaya.com