Jumat, 21 November 2008

Panduan Dasar SEO oleh Google

Para webmaster sering menanyakan kepada pihak Google baik di konferensi ataupun di Webmaster Help Group "apa saja cara-cara mudah untuk meningkatkan performa situs di Google?" Kemungkinan ada banyak jawaban untuk pertanyaan tersebut, informasi tentang SEO (Search Engine Optimation) yang bisa Anda temukan di web juga sangat banyak sehingga sangat membingungkan bagi mereka yang awam. Untuk itu pihak Google merasa perlu membuat panduan ringkas yang merangkum berbagai teknik terbaik yang disarankan oleh tim pengembang Google dan bisa diikuti oleh para webmaster untuk meningkatkan kemampuan situs untuk diindeks oleh Crawler dan Bots.

Search Engine Optimization
Starter Guide yang diluncurkan oleh Google dalam bentuk PDF dalam 22 halaman dan berukuran 548 KB ini membahas ribuan wilayah yang umumnya ingin dioptimalkan oleh para webmaster seperti:

* Judul situs
* Meta tag
* Struktur URL
* Navigasi situs
* Pembuatan konten
* Robots.txt
* Link pada teks
* Promosi situs
* dan lain-lain

Setiap bagian dijelaskan dengan singkat, jelas dan padat, lengkap dengan gambar dan pautan menuju sumber lainnya yang membantu memberikan penjelasan dan contoh yang lebih detil. Panduan ini sangat bermanfaat bagi para webmaster dengan berbagai level pengetahuan/pengalaman untuk diterapkan pada berbagai ukuran dan tipe situs.

Panduan SEO ini akan terus diperbaharui dengan berbagai teknik optimasi baru dan berbagai masukan yang ada nantinya.

Jadi, jika ada yang bertanya kepada Anda "bagaimana cara meningkatkan rangking situs saya?" — langsung saja tunjukkan pautan ke file PDF ini: Search Engine Optimization Starter Guide. (Google Webmaster Central).udaramaya.com