Jumat, 26 Desember 2008

10 Trik & Alat Bittorrent Terbaik

BitTorrent adalah sumber daya terbaik untuk mengunduh semuanya mulai dari musik, film, perangkat lunak maupun operating system. Akan tetapi karena popularitasnya yang terus meroket, begitu juga jumlah alat yang tersedia, beberapa alat ini wajib dimiliki, dan beberapa lainnya hanya membuang - buang waktu saja. Di bawah ini adalah 10 alat dan sumber daya terbaik untuk menemukan dan mengatur BitTorrent anda secara cepat dan efisien.

10. Gunakan BitTorrent untuk mengirim file

Tentu saja BitTorrent adalah tempat baik untuk menemukan file, akan tetapi anda juga dapat mengamil keuntungan dari protokol download BitTorrent yang terdistribusi untuk membagi file anda sendiri. Panduan ini menuliskan secara detil cara menciptakan torrent anda sendiri untuk mendistribusikan file di komputer anda.

9. Unduh BitTorrent lewat IM

Menggunakan aplikasi instant messaging seperti Pidgin atau Adium di Mac, anda dapat mengkonfigurasi aplikasi IM anda untuk secara otomatis menerima download dari beberapa pemakai, kemudian menyimpan hasilnya di sebuah folder yang diawasi oleh aplikasi BitTorrent anda.

Di Pidgin, anda perlu mengaktifkan Autoaccept di "Tools -> Plugins". Kebanyakan aplikasi BitTorrent seperti uTorrent (Windows) dan Transmission (*nix) mendukung fitur folder monitoring yang artinya apabila ada sebuah file baru, mereka akan secara otomatis memulai pengunduhan BitTorrent itu.


8. Unduh BitTorrent di browser anda

Saya selalu merekomendasikan menggunakan sebuah aplikasi BitTorrent terpisah apabila mungkin, tetapi terkadang menginstalasi aplikasi tambahan di komputer anda adlah hal yang mustahil. Di skenario tersebut, aplikasi browser BitLet adalah solusi sempurna. Aplikasi ini mengunduh BitTorrent melalui sebuah applet di browser anda. Yang anda perlu hanyalah memberikan file torrent yang ingin anda unduh.

Atur download video anda dengan Miro

Aplikasi cross platform, open source Miro didesain sebagai aplikasi satu - satunya yang anda perlukan untuk mengatur video, termasuk podcast dan BitTorrent. Miro tidak memiliki semua fitur yang dimiliki uTorrent atau Transmission, akan tetapi bekerja baik untuk mengunduh satu season penuh seri TV yang anda suka.

6. Percepat download dan kalahkan ISP yang melakukan traffic shaping

Apakah anda baru terhadap BitTorrent atau anda tidak mendapatkan kecepatan sesuai harapan anda, anda dapat melakukan langkah - langkah ini untuk mempercepat BitTorrent anda dengan membatasi kecepatan upload, mengatur pembagian koneksi atau mengganti port yang biasa.

Terkadang kecepatan yang lambat juga akibat dari ISP anda yang sengaja memperlambat kecepatan BitTorrent. Selain mengganti port yang biasa dipakai oleh klien BitTorrent anda, ada banyak lagi metode seperti mengaktifkan enkripsi atau mengatur cara kerja klien anda untuk menipu ISP anda dan mempercepat kecepatan BitTorrent anda.

5. Kontrol BitTorrent anda dari jauh dengan WebUI di uTorrent atau Clutch di Transmission

Apabila anda kecanduan BitTorrent, dua alat ini memungkinkan anda untuk mengontrol dan mengatur semua download BitTorrent anda dari kenyamanan browser anda. Kedua aplikasi ini dapat melakukan hampir semua fitur yang ada di versi desktop, anda hanya perlu menggunakan aplikasi yang cocok untuk platform komputer anda, dan anda dapat mengontrol BitTorrent anda dari jauh.

4. Berlangganan TV seri dengan Ted atau TVShows

Apakah anda memilih Ted (semua platform) atau TVShows (Mac OS X), kedua aplikasi ini menjamin anda tidak perlu lagi mencari - cari episode terbaru dari seri TV favorit anda setiap minggu. Anda hanya perlu memberi tahu mereka apa yang anda suka, dan mereka secara otomatis mengunduh episode terbaru saat tersedia.

3. Cari yang terbaik dari yang terbaik dengan YouTorrent

Daripada mendebatkan search engine / tracker mana yang terbaik, lebih baik menggunakan YouTorrent, sebuah meta search engine yang menjelajah banyak tracker terbaik untuk menemukan download dan menyusun hasilnya berdasarkan jumlah seed yang tersedia. Memang aplikasi ini sangat baru, dan tidak ada yang tahu apakah jasa ini akan berlangsung lama, akan tetapi YouTorrent adalah cara termudah untuk menemukan torrent terbaru yang sehat.


2. Transmission

Transmission adalah klien BitTorrent terbaik untuk para pemakai Linux dan Mac.

1. uTorrent

Sayangnya, hingga saat ini uTorrent hanya dapat digunakan di Windows (kemungkinan akan berubah tahun ini), akan tetapi uTorrent mutlak merupakan klien BitTorrent terbaik yang akan anda temukan. Aplikasi ini cepat, ringan dan berfitur lengkap. udaramaya.com