Selasa, 09 Desember 2008

Banyak Tab, Sedikit Memori di Firefox

Semakin kita membuka banyak tab di browser, semakin banyak juga memori yang terpakai. Mungkin hal ini tidak menjadi masalah jika memori yang kita punya mencukupi, tetapi jika tidak maka web browser atau aplikasi lain yang kita buka menjadi kurang responsif.

Untuk Anda yang menggunakan Firefox, terdapat add-on yang menyediakan tab bar tambahan ke jendela browser di mana kita bisa menyimpan sementara tab yang terbuka yaitu TooManyTabs.

Untuk menggunakannya kita harus mengarahkan kursor ke salah satu tab, hal ini akan memunculkan panah ke atas yang jika diklik akan memindahkan tab ke bagian atas (temporary bar). Dengan memindahkan tab ke temporary bar maka memori yang digunakan Firefox akan berkurang. Hal ini terjadi karena memori yang digunakan oleh tab tersebut telah dibebaskan.

Dari percobaan yang dilakukan dengan membuka 25 tab di Firefox, memori yang digunakan mencapai 184MB. Setelah semua tab dipindahkan ke temporary bar, memori yang dikonsumsi Firefox berkurang menjadi 133MB.

Mengurangi pemakaian memori di Firefox hanyalah salah satu dari banyak ftur lainnya yang dimiliki TooManyTabs, fitur lainnya yang bisa kita dapatkan jika menggunakan add-on ini adalah:

* Tersedia banyak baris untuk menyimpan lebih dari 50 tab
* Mengembalikan lebih dari 20 tab yang telah ditutup sebelumnya
* Menandai tab dengan warna-warna yang berbeda
* Dapat mengatur jumlah baris yang ditampilkan
* Opsi untuk membuka tab baru di sebelah tab yang sedang Anda buka
* Membuka semua tab pada baris yang sama di temporary bar
* Menandai tab yang sering dibuka sehingga kita bisa mengaksesnya dengan mudah.

Salah satu hal yang menarik lainnya dari add-on ini adalah ketika Firefox ditutup ataupun di-restart, tab yang disimpan di temporary bar tidak hilang, tetapi akan ikut di-restore secara otomatis. Jadi tidak perlu khawatir kehilangan daftar tab milik Anda jika suatu saat browser tertutup secara tidak sengaja. udaramaya.com